Ekonomi: Pengertian, Prinsip, dan Konsep

Dikutip dari AshefaNews, Ekonomi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan karena melingkupi bagaimana cara manusia untuk menghasilkan, mengelola, serta menggunakan sumber daya yang ada untuk memenuhi hidup.

Mari kupas secara tuntas mengenai apa itu ekonomi, apa saja prinsip-prinsipnya, serta konsep ekonomi yang perlu diketahui dengan menyimak penjelasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Ekonomi?

Ekonomi: Pengertian, Prinsip, dan Konsep

Ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam memproduksi, mengelola, dan mengkonsumsi barang dan jasa.

Ekonomi dapat juga berarti tentang bagaimana manusia dan masyarakat mendapatkan hal-hal yang dibutuhkan demi memenuhi kebutuhan hidup mereka. Ekonomi merupakan cabang lagi ilmu sosial, sama seperti geografi, sosiologi, hukum, dan lain sebagainya.

Sementara itu, ekonomi kreatif adalah proses ekonomi yang melingkupi kegiatan produksi dan distribusi barang dan jasa yang dituntut untuk memiliki ide dan gagasan kreatif supaya dapat menghasilkan laba yang baik.

Di sisi lain, ada juga ekonomi syariah yang merupakan perekonomian yang berpegang teguh pada syariat islam, sehingga tidak akan melanggar aturan-aturan dalam agama islam.

Mengetahui Prinsip-Prinsip Ekonomi

Sebelum masuk ke prinsip-prinsip ekonomi, ada baiknya jika terlebih dahulu mengetahui bahwa teori ekonomi dibagi menjadi dua yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi mikro berfokus pada individu dalam memutuskan kegiatan ekonomi.

Sementara itu, ekonomi makro adalah teori yang berfokus pada masyarakat dan stabilitas ekonomi secara keseluruhan. Setelah mengetahui hal tersebut, mari bahas prinsip-prinsip ekonomi di bawah ini.

Prinsip Permintaan dan Penawaran

Menurut prinsip permintaan dan penawaran, harga dari barang dan jasa akan mengalami kenaikan dan penurunan sesuai dengan tingkat permintaan serta penawaran yang terjadi di pasar.

Prinsip Ekonomi Skala

Harga suatu produk dapat menjadi lebih rendah bagi konsumen apabila jumlah produksi barang sangat besar, sehingga hal tersebut akan membuat biaya produksi menjadi lebih rendah. Skala produksi menjadi kunci bagi harga yang diterapkan di pasaran.

Prinsip Utilitas Marginal

Pada prinsip yang satu ini, apabila jumlah suatu barang atau jasa bertambah maka manfaat yang didapatkan dari setiap unitnya akan menjadi lebih rendah.

Prinsip Efisiensi

Seperti namanya, prinsip efisiensi berfokus pada penggunaan barang atau jasa secara efisien. Ketika seseorang ingin menggunakan barang atau jasa, orang tersebut akan memastikan untuk menggunakannya dengan sebaik mungkin.

Prinsip Subsidi

Prinsip subsidi meliputi pemberian bantuan pada industri atau suatu sektor tertentu supaya dapat meningkatkan produktivitasnya dan siap bersaing di pasar.

Memahami Apa Saja Konsep Ekonomi

Dilansir dari AshefaNews, terdapat beberapa konsep ekonomi yang menjadi panduan atau pegangan bagi pelaku ekonomi untuk dapat mencapai tujuan ekonomi dengan baik. Berikut ini adalah beberapa konsep ekonomi tersebut.

Konsep Produksi dan Konsumsi

Produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan sebuah barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan pelaku ekonomi. Sementara itu, konsumsi adalah sebuah kegiatan untuk menggunakan barang dan jasa yang telah diproduksi demi memenuhi kebutuhan hidup.

Konsep Investasi

Yang dimaksud dengan investasi adalah kegiatan ekonomi yang menggunakan sesuatu untuk mendapatkan laba atau meningkatkan nilainya di masa yang akan datang. Contoh dari kegiatan investasi adalah pembelian saham, reksa dana, properti, obligasi, dan lain sebagainya.

Konsep Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi adalah keadaan ekonomi di suatu wilayah atau negara yang mengalami peningkatan secara menyeluruh dari waktu ke waktu. Ada beberapa hal yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, seperti tingkat konsumsi, inflasi, dan lain sebagainya.

Sekian pembahasan mengenai pengertian, prinsip, dan konsep ekonomi sesuai dengan yang dilansir dari AshefaNews, semoga bermanfaat dan bisa memberi informasi yang berguna untuk Anda, ya!

Tinggalkan komentar