5 Rekomendasi Aplikasi Kasir Online yang Ada di Indonesia

Bisnis online saat ini mulai merangkak naik. Dunia digital yang semakin berkembang membuat banyak bisnis online bermunculan. Tak terkecuali bisnis restoran. Untuk melancarkan usahanya, segala sesuatu yang bersifat operasional akan lebih baik dilakukan secara online. Termasuk aplikasi kasir restoran yang terbukti membantu perkembangan bisnis restoran.

Jika sebelumnya pencatatan kas masuk dan keluar dilakukan secara offline dan manual, maka semua jadi lebih mudah dengan aplikasi kasir restoran yang dilakukan secara online. Tentu saja ini membawa keuntungan bagi pemilik bisnis.

Apa itu Aplikasi Kasir Restoran?

Aplikasi kasir restoran adalah bagian dari aplikasi kasir online yaitu aplikasi yang berfungsi sebagaimana kasir pada umumnya namun dijalankan secara digital atau online. Fungsi utamanya yaitu melakukan kerja kasir dengan memastikan produk terjual dan pembeli melakukan pembayaran.

Sistem kerja aplikasi kasir online disebut juga dengan sistem Point of Sale (POS) dimana pembeli menentukan produk yang ingin dibeli dan menyerahkannya kepada penjaga kasir. Setelah diberitahukan soal harga, pembeli pun melakukan pembayaran sesuai dengan nomimal harga yang dibeli.

Aplikasi kasir restoran dilengkapi dengan fitur yang mempermudah kerja kasir dan menguntungkan bisnis yang dijalankan. Hal ini dikarenakan adanya software kasir restorant terbaik yang melakukan beberapa tugas penting, seperti mencatat pembelian pelanggan, memperbarui stok barang, membuat invoice sampai membuat laporan pencatatan keuangan secara otomatis.

Rekomendasi Aplikasi Kasir Online yang ada di Indonesia

Rekomendasi Aplikasi Kasir Online yang ada di Indonesia

Aplikasi kasir restoran saat ini sudah banyak digunakan di dalam bisnis restoran yang ada di Indonesia. Selain mempermudah proses payment, keberadaan aplikasi kasir online ini juga terbukti membantu pebisnis mengontrol keluar masuknya uang dan barang. Bisnis pun jadi semakin lancar.

Ada beberapa aplikasi kasir online yang digunakan di Indonesia, diantaranya yaitu :

1. BukuWarung

BukuWarung adalah salah satu jenis aplikasi kasir online yang sepenuhnya gratis dan dapat diunduh di play store. Pengguna tidak dibebani dengan biaya langganan, sehingga pengguna dapat memanfaatkan software kasir restoran terbaik dari BukuWarung dengan sepuasnya.

BukuWarung memiliki fitur utama berupa catatan dan laporan keuangan usaha. Selain itu ada pengingat hutang untuk para pelanggan, pengelolaan stok barang dan juga aplikasi kasir online itu sendiri. Dengan menggunakan BukuWarung, pemiliki bisnis dapat mencetak struk sendiri dengan lebih mudah.

2. Majoo

Majoo adalah aplikasi kasir online yang sistem kerjanya mirip dengan Point of Sale (POS). itulah sebabnya aplikasi Majoo menjadi aplikasi kasir online yang paling banyak diunduh di play store. Rating yang diberikan rata-rata 4,6 dari 5 bintang.

Selain memilikii fitur kasir online pada umumya, Majoo juga dilengkapi dengan fitur lainnya yang lebih lengkap. Sebut saja laporan keuangan lengkap, manajemen inventory, manajemen karyawan sampai CRM.

3. Qasir

Qasir adalah aplikasi kasir online yang menyediakan layanan gratis dan berbayar. Pada layanan gratis, fitur yang umum dan terbukti berguna tersedia di sana. Seperti sistem kasir pada umumnya, mendukung QRIS dan pembayaran digital lainnya, cetak struk menggunakan sistem digital dan lain sebagainya.

Sementara itu pada layanan berbayar, Qasir menyediakan tambahan fitur seperti laporan penjualan dengan perbaruan secara real time, tambahkan pajak untuk setiap produk yang dijual, penambahan akun pegawai dan juga presensi pegawai.

4. Moka POS

Moka POS adalah aplikasi kasir online yang sangat lengkap. Fitur yang tersedia di dalamnya cocok digunakan untuk aplikasi kasir restoran yang dibutuhkan banyak pebisnis restoran. MOKA POS menggunakan basic cloud sehingga pemilik bisnis dapat melakukan perubahan harga, laporan keuangan sampai promosi dengan lebih mudah.

Aplikasi MOKA POS dapat digunakan untuk manajemen barang, manajemen karyawan dan mempermudah pembayaran  online di berbagai jenis. Cocok digunakan untuk bisnis yang sudah memiliki cabang.

5. Hubster

Rekomendasi software kasir restoran terbaik berikutnya adalah Hubster. Selain menggunakan sistem point of sale sebagaimana aplikasi kasir online lainnya, Hubster juga dapat mengintegrasi pesanan yang masuk dari berbagai sumber aplikasi pesan makanan, seperti grabfood, shopeefood, GoFood dan lain sebagainya.

Fitur yang disediakan oleh Hubster juga terbilang lengkap. Ada manajemen karyawan, manajemen inventory, segala jenis laporan keuangan yang otomatis tercatat dalam sistem dan berbagai fitur tambahan yang mendukung perkembangan bisnis restoran.

Semua kebutuhan pesanan dari pelanggan dapat dipantau dari satu tablet saja dan tentu saja memudahkan pengelolaan makanan. Hubster menyediakan fitur auto accept order yang mencegah pelanggan lupa konfirmasi setelah order pesanannya.

Masih banyak lagi fitur lainnya yang lebih bermanfaat dan tentunya mempermudah pebisnis online untuk mengelola keuangannya.

Itu dia beberapa rekomendasi aplikasi kasir restoran online terbaik yang ada di Indonesia. Semuanya patut dicoba untuk meningkatkan kinerja usaha atau bisnis online yang sedang dijalankan. Dengan menggunakan aplikasi kasir online, mengatur pesanan pun jadi lebih cepat dan mudah.

You May Also Like