Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Buka Bimtek Pendampingan Penyusunan LK Tingkat Satker Tahun 2018 Di KPPN Bengkulu

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com : Bengkulu – Rabu (6/2) Pada hari Rabu, 06 Februari 2019, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bengkulu mengadakan Bimtek Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat Satuan Kerja Tahun 2018. Bimtek yang diadakan di Aula KPPN Bengkulu ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu menyampaikan bahwa peran penyusun laporan keuangan sangat penting, meskipun sumber daya manusia di satker terbatas. Salah satu permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan adalah kesalahan dalam penganggaran. Ismed juga menjelaskan bahwa penyusunan laporan keuangan yang saat ini sedang disusun oleh satuan kerja memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah tahun 2018. Beliau juga mengingatkan kepada seluruh satuan kerja agar menyusun laporan keuangan dengan tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

Di akhir sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu mengingatkan tentang pelaksanaan anggaran tahun 2019. Beliau mengingatkan satker untuk mematuhi peraturan terkait pelaksanaan anggaran, sehingga ke-12 indikator penilaian dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) dapat memperoleh nilai yang baik, terutama terkait kontrak. Tidak hanya itu, seiring dengan perkembangan teknologi informasi, Ismed menghimbau agar satuan kerja dapat menggunakan teknologi informasi untuk pelaksanaan anggaran. Pemanfaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan anggaran antara lain penggunaan mesin EDC bagi satker yang memiliki PNBP dimana dapat memudahkan Bendahara Penerimaan dalam melakukan pembukuan dan CMS yang dapat digunakan Bendahara Pengeluaran untuk mengeluarkan uang dari rekening bendahara.

Materi terkait Kesesuaian Penggunaan Akun dan Laporan Keuangan Berbasis Akrual dipaparkan oleh Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Muhammad Ali Agil Prasetyo, Ak., M.Pacc. Beliau menjelaskan masih terdapat banyak kesalahan satuan kerja dalam menganggarkan pengeluarannya. Jika terdapat akun Aset Tetap Belum Diregister yang muncul pada laporan keuangan, Agil mengarahkan jurnal penyesuaian yang perlu diinput. Hal ini timbul dikarenakan perubahan kebijakan akuntansi pemerintah pusat terhadap satuan minimum kapitalisasi untuk Aset Tetap Peralatan dan Mesin serta Gedung dan Bangunan.

Materi terkait Aplikasi eRekon&LK, Aplikasi Persediaan, SIMAK BMN, dan SAIBA dipaparkan oleh Eko Yudhyanto, S.E. Beliau memaparkan gambaran umum dan update terkait aplikasi-aplikasi tersebut. Eko juga mengingatkan, demi terwujudnya laporan keuangan yang berkualitas, satker harus memastikan akurasi data yang akan disajikan dengan cara rekonsiliasi dan analisis/telaah laporan keuangan sebelum menyusun dan menyampaikan laporan keuangannya.

  • Whatsapp

Index Berita