Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Paparkan Tata Cara Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah Kepada BPS Se-Provinsi Bengkulu

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com : Bengkulu – Rabu (13/3) Bertempat di Aula Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Muslim didampingi Hapsari Supraba  berkesempatan menjadi Narasumber acara Sosialisasi Kartu Kredit Pemerintah yang diselenggarakan oleh BPS Provinsi Bengkulu.

Dalam kesempatan tersebut, Muslim menyampaikan materi mengenai Kartu Kredit Pemerintah. Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia nomor 196/PMK.05/2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang Tata Cara Pembayaran dan Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah. Penggunaan Kartu Kredit Pemerintah dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, yaitu fleksibel, aman dalam bertransaksi dan menghindari terjadinya penyimpangan (fraud) dari transaksi secara tunai, efektif dalam mengurangi UP menganggur (idle cash) dan biaya dana (cost of fund) Pemerintah dari transaksi UP, serta akuntabilitas pembayaran tagihan negara dan pembebanan biaya penggunaan UP Kartu Kredit Pemerintah.

Harapan dari acara sosialisasi tersebut adalah satker BPS dapat mengetahui mekanisme implementasi kartu kredit pemerintah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Di akhir acara, satuan kerja memberikan beberapa masukan dimana merekalah yang akan mengimplementasikan kartu kredit pemerintah, sehingga dapat digunakan sesuai peruntukannya.

  • Whatsapp

Index Berita