Kanwil DJPb Propinsi Bengkulu Evaluasi Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Menjelang Akhir Tahun Anggaran

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com : Bengkulu - Kamis, (22/11) bertempat di Aula KPPN Bengkulu, Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) terkait Evaluasi Pelaksanaan Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa melalui KPPN Triwulan 3 tahun anggaran 2018.

Peserta FGD yaitu Para Kepala KPPN,  Kepala BPKAD Lingkup Bengkulu, Para Kepala BPMPD Kabupaten di Bengkulu, Para Inspektur Provinsi/Kabupaten/Kota di Bengkulu, Pejabat Eselon III dan IV di Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu serta Pegawai di Lingkungan Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu. 

Dalam sambutan Kepala Kanwil Djpb Propinsi Bengkulu, Ismed Saputra, tujuan dari adanya FGD ini adalah Memberikan Pemahaman yang sama akan PMK Nomor 12/PMK.07/2018 tanggal 21 September 2018 dan PMK Nomor 121/PMK.07/2018 tanggal 21 September 2018 untuk mendukung Penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di Bengkulu. Ismed Saputra, juga menjelaskan bahwa pertemuan ini diharapkan para stakeholders punya pemahaman yang sama dan dapat bersinergi dengan KPPN dilingkup Bengkulu. Pertemuan ini juga akan menjaring berbagai permasalahan di lapangan terkait penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa untuk masukan pembuatan kebijakan ditingkat pusat, serta membetikan solusi bagi Pemda jika bisa diselesaikan ditingkat daerah.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Bidang Pelaksanaan Anggaran II Kanwil DJPb, Abdullah, memaparkan terkait penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa sampai posisi 21 nopember ini. Abdullah, menjelaskan total pagu Dak Fisik untuk Propinsi Bengkulu Rp. 759,66 M dan realisasi saat ini mencapai 72% atau Rp. 550,3 M. Sementara alokasi Dana Desa tahun 2018 untuk Propinsi Bengkulu Rp. 949,36 M dan suah disalurkan  KPPn ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) mencapai 85% atau sebesar Rp. 801,3 M. Namun Dana Desa yang telah disalurkan RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) baru mencapai 64%. Abdullah, mengingatkan agar RKUD segera menyalurkan ke Desa Desa.Mengingat waktu tinggal 1,5 bulan lagi memasuki akhir tahun.

Acara berlangsung lancar dan sesi diskusi sangat mendapat antusiasme peserta untuk menjelaskan kondisi penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa di masing-masing Kabupaten/kota/Propinsi.

Dalam penutupan, Ismed Saputra, menghimbau mari bersama samakan langkah, perbaiki dan bersama membangun Desa, sebab Dana Desa merupakan uang kita dimana terdapat nasib warga di dalamnya.

 

  • Whatsapp

Berita Terpopuler

Index Berita