Kader Mubaligh di Pasaman, Baznas Segera Teken MoU dengan HDM

indonesiasatu, 29 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN-Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat segera melakukan MoU atau kerjasama dengan pengurus Himpunan Da'i dan Mubaligh (HDM) guna melakukan pembinaan terhadap para Mubaligh yang ada didaerah setempat.

Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal mengatakan keberadaan HDM sangat relevan dengan program unggulan Baznas yaitu Pasaman IMTAQ (Religi).

"Saat ini sudah ada HDM sebagai wadah kita bersama yang sudah legal dengan terdaftar di Kesbangpol disertai Akte Notaris sejak Tahun 2016 lalu. Tahun ini akan kita lakukan MoU dengan HDM tentang pengkaderan Mubaligh, Imam dan Khatib. Sehingga ada peningkatan kualitas dan SDM dalam penyampaian materi agama dihadapan masyarakat,"terang Syafrizal disela-sela Halal Bihalal HDM di Masjid Jihad Lubuk Sikaping, Pasaman, Sabtu (29/06/2019).

Apalagi kata Syafrizal dengan kondisi jumlah Masjid atau Musholla yang banyak didaerah itu harus ditopang dengan Imam dan Khatib yang paham ilmu Tajwid.

"Sementara diberbagai tempat Masjid saat ini masih banyak yang tampil hanya sekedar Imam dan Khatib. Belum sepenuhnya mendalami Ilmu Tajwid. Nah problematika ini jika terus dibiarkan tentu dapat merusak ibadah jamaah. Insya Allah perlahan kita benahi kekurangan ini lewat pengkaderan Imam dan Khatib nantinya,"tambahnya.

Ketua HDM Pasaman, Sabri mengaku sangat menyambut baik MoU tersebut. Sebab kata dia latar belakang lahirnya Himpunan itu untuk mengisi berbagai kekurangan Da'i dan Mubaligh diseluruh Masjid atau Musolla.

"Apalagi problematika Masjid selama ini yang mengalami kelangkaan Mubaligh terutama saat bulan Ramadhan. Maka dari itu Program Baznas ini sangat kami tunggu. Agar kedepan kita bisa mencetak Da'i, Mubaligh, Imam dan Khatib yang lebih berkualitas,"kata Sabri.

Sementara Kemenag Pasaman yang diwakili, Zulfan Amri mengaku sangat mengapresiasi kehadiran HDM Pasaman yang bisa berkolaborasi dengan Baznas dalam pengkaderan Mubaligh itu.

"Kami dari Kemenag merasa terbantu sekali. Kerjasama dan program ini tentu akan kami dukung sepenuhnya. Harapan kita bersama tentu tidak ada lagi istilah kelangkaan Da'i/ Mubaligh di Pasaman. Kemudian kedepan kondisi keagamaan didaersh ini akan lebih baik lagi,"tutupnya.

(Heri)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu