Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019, Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu Gelar Simulasi Evakuasi Bencana

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com : Bengkulu – Jumat (26/4) Bencana Gempa Bumi dan Tsunami kapanpun bisa terjadi di Kota Bengkulu, yang merupakan daerah rawan bencana. Atas potensi bencana yang mungkin terjadi, diperlukan kemampuan penanggulangan bencana dasar. Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019 yang jatuh pada tanggal 26 April 2019, Kantor Wilayah (Kanwil) DJPb Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Serentak. Simulasi ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu.

Simulasi ini dibuka oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra. Beliau menjelaskan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan simulasi ini. Kakanwil juga menjelaskan bahwa Ditjen Perbendaharaan sudah memiliki mitigasi bencana yang cukup baik. Ismed berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan simulasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan keselamatan diri saat terjadi bencana.

Simulasi ini dilanjutkan dengan paparan materi Panduan Latihan Kesiapsiagaan Bencana oleh Kepala Bidang Pra Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Ir. Herry Maryadi, M.Si. Beliau menjelaskan latar belakang diselenggarakannya Hari Kesiapsiagaan Bencana. Tujuan HKB 2019 adalah untuk membangun awareness/kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak. Herry juga menjelaskan apa yang harus dilakukan jika gempa bumi terjadi saat berada di dalam kantor.  

Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi saat terjadi gempa bumi di bengkulu. Dengan sigap, para pejabat dan pegawai mempraktekan cara penyelamatan diri dan orang lain.

  • Whatsapp

Index Berita