1 Juni 2019, Kantor Perwakilan Kemenkeu Provinsi Bengkulu Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

INDONESIASATU.CO.ID:

Wartabengkulu.com : Bengkulu – Sabtu (1/6) Tepat hari ini, 74 tahun yang lalu, Bapak Ir. Soekarno mencetuskan Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia. Para pendiri bangsa kemudian menetapkan Pancasila dan menyusun Undang-Undang Dasar Negara RI 1945 di awal kemerdekaan Indonesia. Sebagai perekat bangsa, Pancasila mampu memotivasi untuk hidup berbagi sekaligus memberikan semangat bagi putra putri bangsa untuk terus memperjuangkan cita-cita Bangsa Indonesia, yaitu mewujudkan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Guna mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana para pendiri bangsa berhasil menyatukan Bangsa Indonesia dengan Pancasila, Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Provinsi Bengkulu menyelenggarakan Upacara Hari Lahir Pancasila. Bertempat di Halaman Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, upacara yang mengambil tema ‘Kita Indonesia Kita Pancasila’ ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai kantor vertikal Kemenkeu yang berada di Kota Bengkulu.

Dalam amanat, Pembina Upacara yang merupakan Kepala Perwakilan Kemenkeu Provinsi Bengkulu, Ismed Saputra, menyampaikan sambutan Menteri Keuangan dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila. Menkeu berpesan agar sepatutnya kita tidak mudah terpecah belah, terutama setelah proses demokrasi pemilihan bangsa yang baru saja dilalui. Persatuan dan kesatuan bangsa haruslah dikedepankan. Menkeu mengajak seluruh Rakyat Indonesia untuk bersama berjuang menjaga rumah kita, Tanah Air Indonesia, yang memiliki kemajemukan ras, etnis, agama, kepercayaan, bahasa, dan budaya.

Kepada ASN Kemenkeu, Menkeu mengingatkan bahwa ASN harus netral dan diharapkan tetap menjaga nama baik institusi baik di dunia nyata maupun dunia maya. Selain itu, Menkeu juga mengingatkan bahwa ASN Kemenkeu bertanggung jawab mengelola keuangan negara secara profesional, kredibel dan prudent. Menkeu mengajak ASN Kemenkeu untuk terus berinovasi dalam penggunaan, pengolahan, dan pemanfaatan data sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih banyak untuk kepentingan bangsa dan negara.

Bertepatan dengan bulan Ramadhan saat ini, seluruh jajaran Kemenkeu diharapkan dapat mengasah jiwa dan raga, sehingga dapat menjadi pribadi yang mamu menjaga kebersihan hai, tutur kata dan pikiran. Kita juga diharapkan dapat kembali menguatkan simpul-simpul persatuan dalam keberagaman, menggalang semangat berbagi, dan bekerja sama melintasi batas-batas identitas dan golongan. Selain itu, kita diharapkan dapat tetap bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, aman, damai, adil, makmur, dan sejahtera.

  • Whatsapp

Index Berita